Penabalan Dan Peresmian HUTA PARDOMUAN Di Kecamatan Ujung Batu – Paluta ” Sembari Adakan Sukuran “

Paluta ( sumut24.net ) - Dusun Pardomuan yang berada Desa Ujung Batu Julu Kecamatan Ujung Batu Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) ditabalkan sekaligus di resmikan pada rabu (13/01/201) sekira pukul 09:15 Wib.

Prosesi penabalan dan sekaligus diresmikanya Dusun tersebut di tandai dengan pemotongan kerbau di sertai doa.

Tampak hadir dalam prosesi penabalan dan peresmian Dusun baru tersebut Aripin Ahmad Nasution Kades Ujung Batu Julu , Raja - raja Luhat Ujung Batu ( Tongku Bosar Hasibuan , Tongku Kalimuda Hasibuan , Sutan Pangeran Hasibuan ) , Raja Torbing Balok ( Partuan Bosar ke 13 Hasibuan / Raja Luat Simangambat , Tongku Lobe Hsb / Raja Luat Simangambat ) ,Sutan Barayun Dalimunthe , H .Tongku Setia Dalimunthe , Baginda Dalimunthe , Kadus , RT / RW dan masyarakat Dusun Pardomuan .

Proses kegiatan persemian dusun baru tersebut tetap mengikuti protokol kesehatan (Prokes) dengan 3 M ( Mencuci tangan , Memakai masker , Menjaga Jarak )

Acara di awali dengan Ula-ula Na Godang Luhat Ujung Batu , yaitu pengangkatan Kahanggi ,Anak Boru , Pisang Raut , bahwasanya orang tersebut benar masyarakat adat Luhat Ujung Batu Julu , antara lain : 1 . Kahanggi - Tongku Basyiruddin Harahap , H. Baginda Gofar Dalimunthe , H.Sutan Anto Nasution , 2. Anak Boru - Rokkaya Ibrahim Sianipar , Datuk Rusydi Siahaan , 3 . Pisang Raut - Mara Unan Saragih , Mara Fauzi Nasution , Uwan Jamaluddin Dalimunthe .
Sekaligus di sahkan dengan penandatangan oleh Raja-raja Luhat Ujung Batu yang di saksikan oleh para undangan , warga Huta Pardomuan , serta Awak Media .

Usai acara penabalan dan peresmian dusun Huta Pardomuan ,ketua pemangku adat dan raja raja luhat ujung batu , juga memberi penyematan dengan menanam satu rumpun bambu sebagai tanda semboyan satu rumpun Seiya sekata warga Huta Perdomuan agar hidup makmur, rukun dan sejahtera nantinya .

Usai giat Raja - raja dan pemangku adat langsung menuju lokasi pemotongan kerbau ,sebagai tanda sahnya peresmian dusun Huta Pardomuan di saksikan oleh raja - raja dan pemangku Adat luhat ujung batu beserta kepala desa ujung batu julu.

Kades berpesan kepada kepala dusun Huta Pardomuan , agar setelah menjadi dusun Kadus harus bertanggung jawab sepenuh nya terhadap segala keluh kesah warga yang ada disini , sebab telah memikul beban tanggung jawab yang telah di serahkan oleh pemangku adat dan Raja-raja ,luhat ujung batu langsung di terima oleh kepala dusun Huta Pardomuan ," Tongku Basyiruddin Harahap.

Kades Aripin Ahmad Nst , juga mengingatkan kepada Kadus pardomuan mengenai masaalah admistrasi kependudukan , sesegera mungkin di lengkapi dan secepatnya di urus , juga di singgung pelaksanaan terhadap pengurusannya harus di tertib kan ,, "kata kepala desa ujung batu julu .

Kadus Huta Pardomuan Tongku Basyiruddin Harahap , mengungkap kan ke awak media , membenarkan bahwasanya pada hari ini telah diadakan kegiatan Penabalan / Peresmian Huta Pardomuan serta adakan Syukuran bersama dengan warga Pardomuan yaitu , telah memotong Kerbau , mudah-mudahan kepercayaan ( amanah ) yang telah di berikan oleh pemangku adat dan Raja-raja Luhat ujung batu kepada saya , Insya Allah saya jalankan dengan sebaik-baiknya . Begitu juga apa-apa yang telah di sampaikan Kades akan kita patuhi sepenuh nya . Namun itu semua terlaksana , atas dukungan , kerjasama , kekompakan yang baik antara RT / RW serta warga dusun Pardomuan .

Mudah-mudahan Huta Pardomuan lebih maju dan sejahtera kehidupan warga nya kemudian hari , harap nya.

kedepan dusun Pardomuan menjadi," Kampung Tangguh di bidang Pertanian dengan menanam palawija , peternakan dan lainnya - sesuai dengan program dari Pemerintahan kita , mudah-mudahan kedepannya menjadi dusun percontohan buat desa yang lainnya ," harapan Kadus menutup .

Kegiatan di tutup dengan makan bersama .

Penulis: Ajo / Eyt
Editor: Feby

Baca Juga