DPC GANTARA Paluta Laporkan Kepsek Dan Komite SDN Batang Pane III Ke Saber Pungli Polres Tapsel

• Terkait Dugaan Pungli Yang Dilakukan Kepsek Dan Komite

Paluta ( sumut24.net ) - Ketua DPC Garda Taruna Nusantara ( GANTARA ) Kabupaten Padang Lawas Utara ( Paluta) Baleo Aman Harahap laporkan Kepsek dan Komite SDN 1 Batang pane lll ke Saber Pungli Polres Tapsel terkait kasus dugaan pungli, kamis ( 30/09/21).

Dugaan terjadinya pungutan liar (Pungli) di SDN 1 Batang Pane III tersebut , menurut Ketua DPC GANTARA Paluta Baleo Aman Harahap " Kegiatan Pungli tersebut sangat terstruktur dan masif " Kami atas nama GANTARA Kabupaten Paluta akan mengusut dugaan pungli tersebut sampai tuntas dan pelaku pungli harus mempertanggung jawabkan perbuatanya dihadapan hukum yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini. " Tegas Baleo Aman Harahap.

" Padahal sudah jelas diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 44 Tahun 2012. dalam Pasal 9 Ayat 1 menyebutkan, satuan pendidikan dasar yang diselenggarakan oleh pemerintah atau pemerintah daerah dilarang memungut biaya satuan pendidikan dalam bentuk apapun " tambahnya.

" Setahu kami dana BoS ada dan menurut Juknis dana BoS , dana BoS dapat dipergunakan untuk pembuatan pagar sekolah tanpa menyusahkan orang tua siswa , ini sudah corona kenapa masih ada pengutipan , apa pihak sekolah tidak tahu susahnya zaman sekarang ini , pengutipan persiswa Rp.50.000 ,.(Lima Puluh Ribu) sekalipun anak kita di sekolah tersebut ada 3 tetap bayar segitu dan begitu juga jika anak kita cuma satu yang sekolah tetap bayar segitu " urai salah seorang wali murid yang enggan disebutkan namanya kepada sumut24.net .

Jawaban Kabid SD Kabupaten Paluta sangat tidak masuk akal dan terkesan telah mengetahui kejadian pungli tersebut dan lakukan pembiaran " Pungli di SDN 1 Batang Pane III itu biasa pak  ,itukan bentuk toleransi siswa kepada para guru dan sekolah serta komite , kalau kurang jelas silahkan tanya langsung sama komite " ujarnya kepada sumut24.net .

Mendapat jawaban yang tidak memuaskan dan seolah telah terjadi pembiaran terkait pungli di SDN 1 Batang Pane III , Baleo Aman Harahap selaku Ketua DPC GANTARA Kabupaten Paluta telah mengambil langkah tegas dengan melaporkan Kepsek dan Komite SDN 1 Batang Pane III ke saber pungli Polres Tapsel , gimana perkembangan dan kelanjutan dari laporan DPC GANTARA Paluta akan tetap dikawal sampai benar benar hukum ditegakkan dan tanpa pandang bulu " Tegas Baleo Aman Harahap.

Penulis: Baleo Aman Harahap
Editor: Feby

Baca Juga