Dukung Program Kemendes: “79,5 % Angaran Dana Desa T.A. 2020 Kabupaten Simalungun Sudah Dicairkan Ke Rekening Desa “

Arjuna, SP (Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Simalungun)
Arjuna, SP (Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Simalungun)

SIMALUNGUN ( sumut24.net ) – Dalam rangka menjalankan amanat Undang – Undang No 6 Tahun 2014 tentang Desa, Pemerintah Kabupaten Simalungun terus berupaya dalam membina dan mengawasi pemyelenggaraan pemerintahan nagori (desa) dengan pendampingan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pemantauan Pembangunan Desa dan Kawasan Perdesaan.

Pemerintah Kabupaten Simalungun melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Nagori (PMPN) bekerjasama dengan Tenaga Pendamping Profesional terus memfasilitasi percepatan pembangunan perdesaan.

Menurut Arjuna, Koordinator TPP P3MD Kabupaten Simalungun, bahwa Pemerintah Kabupaten Simalungun sangat mendukung program Presiden Jokowi dalam mengembnagkan Sumber Daya Manusia masyarakat desa dan memberdayakan ekonomi masyarakat desa.

“Pemerintah Kabupaten Simalungun dan Tenaga Pendamping Profesional di Kabupaten Simalungun bersinergi dalam mendukung dan melaksanakan program-program prioritas Kemendes PDTT untuk percepatan kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat nagori (desa)”, tandas Arjuna.

Khusus tahun 2020 ini, dalam upaya pencegahan dan penanganan dampak Covid19, anggaran Dana Desa diguankan untuk membantu masyarakat desa mulai dari kegiatan Padat Karya Tunai (PKTD), kegiatan Desa Tanggap Covid19, dan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLTDD) sesuai Peraturan Menteri Desa PDTT tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2020.

Arjuna menambahkan bahwa Anggaran Dana Desa Kabupaten Simalungun Tahun 2020 sebesar Rp 294,518,231,000 yang dialokasikan untuk 386 nagori (desa). Progres pencairan Dana Desa menunjukkan kinerja terbaik pada tahun ini, dimana pada awal  bulan Juli 2020 sudah 79,5 % dicairkan Rekening Kas Desa. Dan saat ini sedang mempersiapkan perencanaan pembangunan nagori (desa) Tahun 2021 dengan mempersiapkan regulasi yang dibutuhkan dalam fasilitasi proses perencanaan tersebut.

Penulis: Arjuna
Editor: Akbar Tanjung

Baca Juga