Cegah Covid-19, Pemkab Labura Kembali Vaksinasi Massal

Labura ( sumut24.net ) - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara melalui Dinas Kesehatan Labuhanbatu Utara kembali menggelar vaksinasi secara massal. Vaksinasi digelar di Aula Ahmad Dwi Syukur, Jumat (28/5/2021).
Kepala Dinas Kesehatan Labuhanbatu Utara dr. Saodah Nasution membuka kegiatan pelaksanaan Vaksinasi Massal Covid-19 dengan menyampaikan laporan hasil pelaksanaan vaksinasi masal COVID-19 yang telah terlaksana pada Kamis 28 Mei 2021. Dari total sasaran 1.000 (seribu) orang pelayanan vaksinasi selama dua hari di Pendopo dan Aula Dewi Syukur, sebanyak 288 orang telah mendapatkan suntikan vaksinasi COVID-19. Sementara dari sasaran sebanyak 3.400 (tiga ribu empat ratus) orang pelayanan vaksinasi masal yang dilaksanakan di 18 UPTD Puskesmas Se- Kabupaten Labuhanbatu Utara, sebanyak 1.703 (seribu tujuh ratus tiga) orang telah mendapatkan suntikan vaksinasi dosis pertama.
Wabup dalam arahan dan bimbingan menyampaikan bahwa vaksinasi COVID-19 adalah upaya berikutnya untuk mengendalikan laju penyebaran penyakit infeksi virus ini. Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Labuhanbatu Utara yang telah terlaksana dalam Dua Tahap. Tahap pertama untuk tenaga kesehatan dan tahap kedua untuk pelayan publik serta lanjut usia (masyarakat yang berusia di atas 60 tahun).
“Saat ini telah tersedia 190 orang tenaga vaksinator, yang telah mendapatkan pelatihan oleh Balai Pelatihan Kesehatan Batam Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Pemberian vaksinasi COVID-19 akan terus berlanjut hingga seluruh sasaran dan empat tahapan vaksinasi selesai dilaksanakan serta sesuai dengan ketersediaan vaksin.”, ucap Wabup.
Wabup berharap kepada Satuan Tugas COVID-19 dan Tim Vaksinator Pelayanan Vaksinasi COVID-19 Kabupaten Labuhanbatu Utara, saya minta untuk terus melakukan pemantauan potensi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) pada sasaran yang telah menerima vaksin. Tentunya dengan menerapkan prinsip berbasis bukti ilmiah dan persuasif kepada masyarakat. Lakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat secara masif, menggunakan bahasa yang mudah dipahami, berkelanjutan, dan berbasis kolaborasi. Kita harus meyakinkan masyarakat, bahwa vaksinasi COVID-19 adalah pilihan rasional yang dapat ditempuh saat ini.
Di penguhujung arahannya, Wabup meminta kepada seluruh masyarakat selalu terapkan protokol kesehatan, kapanpun dan dimanapun anda berada. Jangan sampai tertular atau menularkan. Pastikan siap mengikuti program vaksinasi bila sudah tiba giliran sesuai tahapan. Mari kita sukseskan vaksinasi COVID-19, untuk melindungi diri dan memulihkan negeri. Pandemi bukan cuma sekedar tentang kita, ini tentang nyawa banyak manusia. Mari tanamkan tekad kesehatan pulih, ekonomi bangkit, pungkasnya.
Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Labura H Samsul Tanjung, ST, MH, Danramil 01/Aek Kanopan Mayor Inf Ertiko Cholifa SH,SPd, Kompol M Taufik, SE, MH, Plt Sekda Labura Suryaman, Ketua DPRD Labura H Indra Surya Bakti Simatupang SH, Mkn, Staf Kementrian Kesehatan,Seluruh Kepala OPD Labura, Pengurus TP PKK Labura, Pengurus Persit Candra Kirana Koramil 01/AK, Pengurus Bhayangkari Labura.
Penulis: Adi
Editor: Feby

Baca Juga