Kapolres Labusel AKBP Maringan Simanjuntak ,SH.MH ; SatReskrim Unit Pidsus Sudah Sidak Uji Terra Di SPBU

  • Polres Labusel Pastikan Bagi Pemudik , Tidak Ada Kelangkaan BBM Dan Tidak Ada Kecurangan SPBU

Labusel ( sumut24.net ) - Untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan yang berakibat merugikan masyarakat serta terjadinya kelangkaan BBM jelang Idul Fitri 1455 H , Kapolres Labuhanbatu Selatan AKBP Maringan Simanjuntak ,SH.M.H perintahkan Kasatreskrim AKP Gorbacov , S.I.K , M.H ,M.Krim. agar melakukan sidak terkait uji terra di spbu yang berada di wilayah hukum Polres Labuhanbatu Selatan .

" Jelang Idul Fitri 1455 H , pastinya volume kendaraan roda dua dan empat pasti meningkat drastis ,kita tidak mau nantinya ada oknum spbu nakal yang memanfaatkan keadaan sehingga kita harus antisipasi dengan melakukan uji terra dan memastikan  tidak akan terjadi kelangkaan BBM di SPBU jelang idul fitri dan setelah idul fitri 1455 H ini " Urai Kapolres diruang kerjanya kepada sumut24.net , jumat ( 05/04/24) sekira pukul 14:00 Wib.

Kasatreskrim Polres Labusel AKP Gorbacov melalui via whatsapp menegaskan kepada redaksi sumut24.net " Saya sudah arahkan Satreskrim unit Pidsus , langsung di Pimpin Kanit Pidsus Ipda Julkarnaen Batu Bara untuk melakukan sidak terkait uji terra di bebarapa SPBU di Labuhanbatu Selatan ini dan hal tersebut adalah perintah langsung Bapak Kapolres Labuhanbatu Selatan " Tegas Gorbacov .

Satreskrim Unit Pidsus Polres Labuhanbatu Selatan di Pimpin langsung Kanit Pidsus Julkarnaen Batu Bara bersama dengan Dinas Perindustrian dan perdagangan serta Satpol PP Kabupaten Labuhanbatu selatan laksanakan giat Sidak Uji Terra terhadap Bahan bakar Minyak .

Sidak tersebut dilakukan pada SPBU 14 214 288 titi kembar kota pinang dan SPBU 14 214 266 Blok Songo Desa Sisumut ,pada hari jumat 05 April 2024 sekira pukul 14:00 Wib - selesai .

Tampak hadir dalam sidak tersebut selain Kanit Pidsus Polres Labusel Ipda Julkarnaen Batubara , Kadis Perindag Drs.Marajunjung Harahap ,MM , Kabid Metrologi/Penerra , Akhiruddin Siregar ,ST , Penyididk Pembantu Aipda Firdaus Barus , Kasubbag Umum Rokyal Ritonga , Analis Perdagangan Wilda Atilia Wulansari , Kabid Perlindungan Masyarakat Adward Chaniago , Syahruddin Harahap , Penyidik Pembantu Bripda Mangamar Harahap .

Adapun Tahapan dan temuan pelaksanaan tugas Sidak Tera pada SPBU yg dilakukan adalah sbb ;

1.Petugas gabungan menyampaikan pelaksanaan Tugas sidak yang dilakukan kepada pihak SPBU.

2.Petugas Disperindag Bidang Metrologi menggunakan alat Bejana ukur standard(uk.20 Liter) dalam melakukan uji terra pada BBM yang dikeluarkan dari pompa BBM di SPBU.

3.Sebelum dilakukan uji terra petugas terlebih dulu memeriksa segel yang terpasang pada mesin pompa (pada kedua spbu terpasang segel dan telah dilakukan uji terra dari bidang metrologi).

4.Temuan pada Spbu 14 214 288 titi kembar, pada saat uji terra pompa BBM jenis Bio solar dengan alat ukur bejana standard ukuran 20 liter, diketahui dari alat ukur Minus 40 mili ( masih dalam batas kesalahan yang dijinkan / BKD), dan pada Pompa BBM jenis pertalite untuk uji Ukuran 20 liter, diketahui dari alat ukur kekurangan 15 mili (masih dalam batas yang diijinkan/BKD).

5.Pada Spbu 14 214 266 Blok songo desa sisumut petugas bid metrologi melakukan uji terra pada Pompa bbm jenis Bio solar dengan bejana standard ukuran 20 liter, didapati minus 75 mili (masih dalam batas kesalahan yang di ijinkan /BKD), dan pada pompa bbm jenis pertalite  dengan ukuran bbm 20 liter yang dikeluarkan dari pompa tidak didapati kekurangan.

6.Petugas menghimbau kepada pihak managemen kedua SPBU untuk tidak melakukan pelayanan yang tidak baik pada masyarakan terkhusus menyambut Hari Raya Idulfitri tahun 2024.

7.Petugas menghimbau pada pihak SPBU agar tidak melakukan perubahan perubahan pada ukuran alat pompa BBM, dan tetap melakukan uji terra yang teratur pada alat pompa.

Dari pengamatan sumut24.net dilapangan selama pelaksanaan sidak uji terra didua spbu tersebut berjalan lancar , aman dan tertib .

Penulis: Humas Polres Labusel
Editor: Feby
Photographer: Humas Polres Labusel

Baca Juga