Ketua DPC AWI Sukrial H NST Katakan Sebagaian Kades Di Kabupaten Rokan Hulu Alergi Terhadap Wartawan

Rohul ( sumut24.net ) -145  desa yang ada di kabupaten Rokan Hulu , Masih ada beberapa Kepala Desa di Kabupaten Rokan Hulu merasa Alergi terhadap Media(Wartawan),Sementara Media turut serta meningkatkan disiplin serta pembangunan.
Kepala Desa adalah jabatan sebagai pemimpin tertinggi di Desa yang menjalankan roda pemerintahan bersama-sama dengan rakyatnya, membangun dan menciptakan masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur serta ikut mendukung program pemerintah pusat yang telah dicanangkan.
Sementara Wartawan selaku Jurnalis yang menyampaikan informasi perkembangan pembangunan serta sebagai sosial kontrol yang bersifat Independen turut serta membangun terciptanya stabilitas dalam informasi.
Saat di Konfirmasi kepada Ketua DPC- AWI Sukrial Halomoan Nasution Di Kantor  DPC-AWI Rokan Hulu.Senin.29/06/2020, Beliau mengatakan,Seharusnya Kepala Desa,Tidak boleh seenaknya menghindar dari konfirmasi wartawan atau berjumpa dengan wartawan,kalau jika itu di lakukan maka bisa di anggap menentang Undang-Undang No. 14 tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik adalah salah satu produk hukum Indonesia yang dikeluarkan dalam tahun 2008 dan di undang – undangkan pada tanggal 30 April 2008 ,mulai berlaku dua tahun setelah di sahkan dalam UU No14 Th 2008."Kata Ketua AWI.
Tambahnya lagi,Sesuai propesinya Wartawan yang butuh informasi Untuk menjadikan berita yang seimbang, menindaklanjuti informasi atau laporan masyarakat dan Informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang bagi pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya serta merupakan bagian penting bagi ketahanan nasional,hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik."Tambahnya.
Untuk itu harapan kami dari DPC Aliansi Wartawan Indonesia(AWI) Semoga Para kades yang ada di Rokan Hulu untuk bisa menghargai kehadiran para wartawan yang datang berkunjung ke kantornya,jangan sekali-kali menghindar dari media wartawan dengan alasan ini dan itu."Ucap Sukrial Halomoan Nasution.
Penulis: AJO / EYT
Editor: Akbar Tanjung

Baca Juga