Ketua DPD GANTARA Sumut ; Bupati Paluta Harus Tegas Menindak Oknum PNS Nakal , Terkhusus Oknum PNS Yang Hampir 5 Tahun Tidak Aktif Mengajar Di SDN 101650 Desa Aloban

Paluta ( sumut24.net ) - Dinas Pendidikan Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) tidak peka akan kebutuhan masyarakat dalam menimba ilmu , selain tidak peka Disdik Paluta juga lamban dalam menangani laporan atau aduan masyarakat terkait oknum PNS bernama Sutan Harahap guru di SDN 101650 Desa Aloban Kecamatan Portibi yang diduga kuat hampir 5 tahun tidak aktif mengajar di SDN 101650 Desa Aloban.

" saya sudah 5 tahun tamat dari SDN tersebut dan sedari saya sekolah di SD tersebut ,ya seperti itulah kelakuan dari guru olah raga kami itu dan parahnya masih ada murid yang tidak kenal dengan guru oleh raga tersebut " ujar salah satu siswa tamatan SDN 101650 Desa Aloban.

Terkait prilaku oknum PNS tersebut yang jarang masuk mengajar sebenarnya telah membuat resah para wali murid tapi mereka tidak tahu harus melapor dan mengadu kemana lagi , sehingga masyarakat menjadi bungkam dan hanya menonton saja , parahnya lagi ketua komite SDN 101650 bukan warga Desa Aloban dimana SDN 101650 berdomisli justru masyarakat berada dari Desa lain yaitu Desa Rondaman Lombang .

Terkait tindakan oknum PNS yang jarang ngantor menjadi perhatian serius dari Ketua DPD GANTARA Provinsi Sumatera Utara Bapak Syahmuliyadi Harahap  ,apalagi secara langsung masyarakat telah melaporkan masalah tersebut ke LSM Garda Taruna Nusantara ( GANTARA ) sehingga masalah tersebut menjadi skala prioritas yang harus di tuntaskan dan memberi efek jera kepada oknum PNS tersebut.

" PNS itu digaji oleh rakyat dan jangan sesuka hati dalam menjalankan tugas serta tanggung jawabnya dalam hal tersebut kami minta Bupati Paluta melalui Dinas Pendidikan untuk melakukan evaluasi dan jika terbukti oknum PNS bernama Sutan Harahap tersebut selama 5 tahun tidak begitu aktif dalam menjalankan tanggung jawabnya kiranya dapat diambil tindakan tegas berupa pemecatan agar menjadi contoh kepada oknum PNS nakal lainya yang berbuat semena mena di Kabupaten Padang Lawas Utara ini " tegasnya.

" Mendengar aduan masyarakat tersebut , sebenarnya hati kita miris dan sedih mendengarnya sehingga secara spontan saya langsung sms kepala sekolahnya dan jawaban kepala sekolah tersebut sangat tidak memuaskan dan berikut jawaban kepala sekolah SDN 101650 Desa Aloban Asmuin Dasopang " Madung husipaingoti do anggi. Taligimajo lo parkembangan na. Andiganon hu kabaripe tu anggi ".seharusnya jawaban kepala sekolah lebih tegas karena masalah tersebut sudah berlangsung hampir 5 tahun ".

Dunia pendidikan jangan dijadikan ajang bisnis karena program unggulan Pemerintah termasuk program 9 tahun belajar agar seluruh masyarakat Indonesia bebas dari kebodohan dan kasus ini semoga secepatnya dapat diselesaikan oleh Bupati Paluta agar tidak terjadi lagi pembiaran dan oknum PNS nakal dapat diberantas di Kabupaten Paluta .

Penulis: Baleo Aman Harahap
Editor: Feby

Baca Juga