Pemdes Rantau Sakti akan dijadikan desa percontohan Program Jaga Kampung – Kesiapan Ketahanan Pangan Se Rohul

Rohul ( sumut24.net ) - Pemdes Rantau Sakti di tunjuk sebagai desa percontohan " program jaga kampung , kesiapan ketahanan pangan se kabupaten Rokan Hulu Riau .
Program yang di bina langsung  oleh Kapolres Rokan Hulu Riau AKBP Dasmin Ginting ,S.IK , yang di maksud untuk menumbuhkan semangat masyarakat , di bidang Pertanian , setelah Lounching nantinya beberapa hari lagi yaitu Program jaga kampung .
 Masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan lahan di pekarangan rumah masing-masing , untuk ditanami tanaman Palawija untuk mengantisipasi krisis pangan pada Pandemi Covid-19 ini , " harap Kades .
Lahan yang di hibah kan oleh Acun seluas 2 Hektar , berada di dusun bangun sari , adapun tanaman yang akan di tanam adalah berupa tanaman Palawija berupa :  jagung , cabai , sayur mayur dan buah-buahan juga  sejenis lain nya ," ucap Purwadi .
Penyiapan lahan lokasi ketahanan pangan , yang di kerjakan dengan mesin bajak tanah ,  mesin John Deere Since 1837 , pada hari Senin 29/6/2020 sekira pukul 9.30 wib , terletak di RT 01, RW 02 dusun Bangun Sari Desa Rantau Sakti Kecamatan Tambusai Utara Rokan Hulu Riau , turut hadir dilapangan  Purwadi, ST. MM, sekdes Yopi Setiawan, S.Sy , kaur desa Paidi  Ketua BPD Subur ,AW , Babinsa Serda E. Simbolon , Bhabinkamtibmas Bripka J.Samosir , PPL rantau sakti   Efrianto , operator mesin John Deere since 1837 - Agus Supriyanto , serta penghibah  Si Jus ( Acun ) .
 Kades Purwadi ,ST.MM. , mengatakan ke awak media  , kebun yang telah dihibahkan oleh Acun , untuk kebaikan kesejahteraan masyarakat , Mudah-mudahan langkah tersebut dijadikan motifasi serta inspirasi bagi masyarakat lainnya , yang memiliki kebun yang luas untuk membantu pemdes mensejahterakan warga kita , serta membantu meningkatkan produktifitas dan perekonomian , dan akan kita jadikan desa rantau sakti ,sebagai desa percontohan di bidang pertanian ," ungkap Purwadi  .
Tambahkan  Kades ,  melalui program ketahan pangan,  pemdes bekerjasama dengan Organisasi Masyarakat Setempat ( OMS ) serta Karang Taruna dengan menanam Palawija ( jagung dan sejenisnya ) . Dengan kegiatan ini , untuk mengurangi Intensitas kenakalan remaja akan kita  berdayakan para pemuda ikut mengelola program ini , sehingga mereka mendapatkan kegiatan positif dan produktif dengan kesibukan bercocok tanam , kita yakin dapat meminimalisir perbuatan negatif para remaja di desa kita ini , tutup Kades Purwadi ,ST.MM ke awak media .
Penulis: AJO / EYT
Editor: Akbar Tanjung

Baca Juga