Sosialisasi Rencana Pemanfaatan Air Limbah (Land Aplication) Oleh PT.KAS Di Desa Mahato Bandar Selamat

Rohul ( sumut24.net ) - Rencana Pembangunan Pabrik Kelapa Sawit Oleh PT .KAS ( Kencana Agro Sejahtera ) di desa Mahato Bandar Selamat KM24 Tambusai Utara Rokan Hulu Riau . Adakan kegiatanSosialisasi Rencana Pemanfaatan Air Limbah ( Land Aplication ) .

Pada hari Jumat ( 11/9/2020 ) sekira Pukul 14.30 Wib , bertempat di kantor desa Mahato Bandar Selamat KM24 Tambusai Utara Rokan Hulu Riau.

Tampak Hadir : H.Mastur ,S.Sos.M.Si Camat Tambut , Mukhlizar ,SH Anggota DPRD Rohul , Sunarji ,S.Pd PJ Kades Mahato Bandar Selamat , Muzainul Aripin , M.Si Kabid AMDAL Rohul , Benny Hutasoit KTU dari PT .KAS , Nasmidar sekdes serta jajaran desa , Tokoh Masyarakat / Tokoh Agama Bandar Selamat , tokoh Pemuda , Kadus , RT / RW dan masyarakat Bandar Selamat KM.24 .Mahasiswi STAI Tuanku Tambusai .

Sunarji ,S.Pd dalam kata sambutannya , terima kasih atas kehadiran masyarakat dan pihak perusahaan , dengan giat Sosialisasi pada hari ini . Agar keinginan masyarakat nantinya bisa betul-betul terealisasi oleh pihak perusahaan . Sebelum pabrik di bangun . Supaya jangan ada permasalahan nantinya ," ucap Kades.

Harapan Kades , agar pihak perusahaan betul-betul memenuhi keinginan Masyarakat Tempatan dan dikabulkan , yaitu mengenai ketenaga kerjaan , CSR , juga mengenai Pencemaran Lingkungan dari Limbah atau asap pabrik , agar desa kita ini menjadi desa yang Nyaman , tentram tidak ada komplit ,sebab pada saat Pandemi Covid-19 pada masa New Normal ini , perlu kita ikuti anjuran pemerintah dan protokol kesehatan , apalagi bentar lagi akan diadakan pilkada serentak . Mari kita jaga Kamtibmas di desa bandar selamat. Mudah-mudahan dengan adanya PKS di desa kita , nantinya betul-betul membawa dampak yang positif untuk masyarakat . Desa Bandar Selamat menjadi lingkungan nan ASRI , " harap Sunarji ,S.Pd .

Mukhlizar ,SH Anggota DPRD Rohul , Dengan Sosialisasi pada hari ini , mudah-mudahan terjawab semua permasalahan , sebelum berdirinya perusahaan , agar segala persoalan dengan masyarakat bisa diselesaikan dengan baik . Apalagi pada masa pandemi Covid-19 masa New Normal , juga kita akan memasuki masa Pilkada serentak , sangat perlu sekali kita menjaga keamanan , ketentraman , jangan ada kerusuhan / komplit ditengah masyarakat . Pihak perusahaan tidak ada permasalahan dengan masyarakat Bandar selamat sebelum pabrik di bangun .Oleh sebab itu , sebagai Anggota DPRD bisa saja kita menyetop / menghandle pelaksanaan pembangunan PKS kalau masih ada juga permasalahan dengan masyarakat . Walaupun udah ada izin nya .Maka dari itu selesaikan segalanya baik-baik ,agar nantinya setelah di bangun pabrik , tidak ada masalah lagi dengan masyarakat di kebelakang hari "Ungkap Mukhlizar,SH.

Benny Hutasoit KTU PT.KAS , mengucapkan rasa terima kasih atas terlaksana nya kegiatan pada hari ini .Mudah-mudahan sosialisasi berjalan dengan lancar , nanti nya bisa di fahami oleh masyarakat . Terutama sekali untuk rencana pemanfaatan air limbah , agar bisa di manfaatkan oleh masyarakat Bandar Selamat Mahato " Ucapnya Benny.

Juliadi, S.Pd RT 02 Dusun Bandar selamat Mahato , mewakili masyarakat , agar sebelum pabrik di bangun , apa-apa keinginan masyarakat Tempatan agar terealisasi hendaknya harus jelas , kapan perlu bikin MOU nya agar ada pegangan kami nantinya ,Ucap Juliadi .

Tambah Juliadi ,Kami meminta kepada pihak perusahaan agar tuntutan kami di kabulkan pada saat ini , terutama sekali masalah: Ketenaga kerjaan Tempatan agar dipekerjakan warga kita 60 persen di PKS. PT.KAS , juga
Masalah Limbah pabrik , agar jangan membawa dampak pencemaran lingkungan bagi masyarakat kita nantinya . Harus sesuai dengan perencanaan kita sebelumnya . Tempat pembuangan Sampah .
Dan CSR untuk masyarakat , agar di tentukan berapa nilainya.
Juliadi menekankan kepada pihak perusahaan agar transparan pada hari ini , agar semua nya berjalan dengan lancar ,tidak ada permasalahan di belakang hari antara Pihak Perusahaan dengan masyarakat Tempatan ," imbuh Juliadi .

Kadis AMDAL , mengatakan , kita minta agar pihak perusahaan harus transparan dan bekerjasama dengan baik dengan masyarakat , terutama sekali masalah Limbah , .Sebab itu semua nantinya akan berpengaruh pada pencemaran lingkungan , semuanya itu ada aturan nya . Harus di urus izin dari dinas lingkungan hidup , sebab kalau nggak ada izin kita kategorikan Ilegal , "Kata kadis .

"Tambah Kadis, apakah layak atau Nggak nya itu semua perlu di urus izin nya , jangan sampai membawa dampak negatif buat masyarakat desa bandar selamat ," ucap kadis .

H. Mastur ,S.Sos .M.Si Camat tambut , berharap semua permasalahan bisa kita selesaikan baik-baik dengan pihak perusahaan . Sebab pihak perusahaan tidak akan mau merugikan masyarakat . Kami dari pemerintahan berharap agar pihak perusahaan betul-betul menanggapi dan mengabulkan keinginan masyarakat ,terutama sekali , warga Tempatan desa bandar selamat Km24 Mahato, Agar semua berjalan dengan baik , tidak ada masalah antara pihak perusahaan dengan masyarakat di kemudian hari , " harap Camat .

Dilanjutkan kegiatan dengan sesi tanya jawab , mengenai parmasalahan Sosialisasi Rencana pemanfaatan Air Limbah , kegiatan berakhir pukul 16.15 wib . Barlangsung aman , tertib sampai akhir.

Penulis: AJO / EYT
Editor: Akbar Tanjung

Baca Juga