Pemkab Rokan Hulu Riau – Ikuti Peringatan Hari Lahir Pancasila Dengan Presiden RI Secara Virtual

Rohul ( sumut24.net ) - Dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila Tahun 2021, Pemkab Rokan Hulu beserta Forkopimda mengukuti Peringatan Hari Lahirnya Pancasila bersama Presiden Republik Indonesia Joko Widodo secara Virtul. Dalam upacara tersebut Presiden RI bertindak sebagai Inspekstur Upacara, di Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, Selasa (1/6/2021).

Tampak hadiri dalam acara ini, Plh Bupati Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si, Ketua DPRD Rohul Novliwanda Ade Putra ST MM, Kapolres Rohul AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat SIK MH, Kajari Rohul Pri Wijeksono SH MH, Perwakilan Ketua PN Pasir Pengaraian, Aryananda SH MH, Plt Kesbangpol Rohul Irvandri

Presiden RI Joko Widodo dalam kesempatannya mengatakan," Peringatan Hari Lahir Pancasila setiap 1 Juni harus dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila, dalam bermasyarakat dalam berbangsa, dan dalam bernegara, ujarnya.

Selain itu perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga mempengaruhi kontestasi ideologi.

“Revolusi industri 4.0 telah menyediakan berbagai kemudahan dalam berdialog dalam interaksi dan berorganisasi dalam skala besar lintas negara. Ketika konektivitas 5G melanda dunia maka interaksi antar dunia juga akan semakin cepat.

Kemudahan ini bisa digunakan oleh ideolog-ideolog transnasional radikal untuk merambah ke seluruh pelosok Indonesia, ke seluruh kalangan, dan keseluruh usia tidak mengenal lokasi dan waktu,” ucap Presiden .

Pertama kali Plh Bupati Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si mengatakan selamat Hari Lahir Panca Sila, dimana setiap tanggal 1 Juni 2021 seluruh Indonesia memperingatinya. Lahir Pancasila ini sebagai momentum seluruh masyarakat Rokan Hulu, untuk dapat meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan dan Kebhinekaan," Urainya .

Dikatakan Haris, banyak hal-hal yang perlu dilaksanakan, dengan semangat hari lahir Pancasila ini, bagaimana kita melihat kondisi saat ini masih menghadapi wabah Covid-19.

“Tentunya kita perlu bersatu padu seluruh komponen masyarakat di Rokan Hulu ini agar kita bisa pertama menanggulangi penularan Covid-19 itu sendiri, dengan melaksanakan anjuran dan aturan dari Pemerintah,” Harapnya .

“Yang kedua bagaimana kita semuanya bisa menggerakkan roda ekonomi di kawasan hulu, nanti semua masyarakat mudah-mudahan tidak ada terimbas oleh adanya Pandemi Covid-19. Dengan momentum hari lahir Pancasila inilah kita bahu-membahu, kita semua bersatu-padu,” Pinta nya .

Peringatan hari lahir Pancasila ini sebagai semangat baru bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Rokan Hulu untuk melakukan hal-hal yang terbaik buat negeri kita tercinta ini," tutup Nya .

Penulis: Ajo / Eyt
Editor: Feby

Baca Juga