H.Indra Gunawan Berikan Apresiasi Kepada Radio Swara Lima Luhak Rohul ,” Dalam Acara MILAD ke XIX

Rohul ( sumut24.net ) - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memperingati Milad Radio Swara Lima Luhak Kabupaten Rohul yang Ke XIX dengan mengusung tema "Membangun Kreativitas dan Inovasi Anak Bangsa" pelaksanaan acara ini bertempat di halaman kantor Diskominfo Rohul. Rabu (22/06/2022).

Acara ini di awali dengan sarapan pagi yang di hadiri oleh Wakil Bupati Rohul H.Indra Gunawan,
Forkopimda Kabupaten Rohul, Sekda Rohul, Staf Ahli dan Kepala OPD Kabupaten Rohul serta pejabat struktural Diskominfo Rohul, hadir juga para Aktivis organisasi mahasiswa/i UPP.

Kepala Diskominfo H.Syofwan S.Sos dalam sambutannya menyampaikan sejarah terbentuknya Radio Swara Lima Luhak dengan frekwensi 104.4 FM adalah Radio Pemerintah Daerah Kabupaten Rohul.

"Radio Swara Lima Luhak Kabupaten Rohul ini sudah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) No 5 tahun 2013, sebelum ditetapkan nya Perda daerah tersebut, dan sebelum ditetapkannya peraturan daerah tersebut lembaga penyiaran pemerintah lokal daerah Rohul sudah mengudara sejak 01 Juni 2003 yang mana pada waktu itu di sebut Radio Pemerintah Daerah (RPD) dan pernah juga menyandang nama Radio Pelangi Darussalam," kata Syofyan.

Seiring dengan berjalanya waktu berdasarkan kondisi riil serta keadaan kemajemukan masyarakat Rohul maka terbentuklah Radio Lima Luhak dengan mengangkat kata Lima Luhak yang berada di Daerah Kabupaten Rohul di dalamnya beragam masyarakat yang heterogen.

"Sejak tanggal 25 Nopember 2013 Radio Swara Lima Luhak di tetapkan sebagai Lembaga Penyiaran Publik (LPP) lokal, seiring dengan perkembangan Penyiaran dan pemberitaan Radio Swara Lima Luhak pada tahun 2016 sudah mendapat izin dari Menkominfo lewat keputusan menteri No 15 2016 tentang izin,"

Kadis Kominfo juga menyampaikan wacana yang akan di laksanakan oleh Diskominfo untuk ke depannya yaitu akan membuat penyiaran melalui Telivisi Daerah sehingga Kabupaten Rohul bisa lebih maju dalam penyiaran untuk ke depannya.

Sementara itu Wakil Bupati Rohul H.Indra Gunawan dalam pidato arahannya mengatakan bahwa siaran radio tidak habisnya sampe sekarang dan beliau juga berharap Radio Swara Lima Luhak bisa di dengar kan oleh masyarakat Rohul yang ada di 16 Kecamatan Rohul.

"Siaran Radio ini sangat penting untuk menyebarluaskan informasi yang nyata dan aktual serta teruji kebenarannya, dan saya sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini, mudah-mudahan di usianya yang Ke XIX tahun ini bisa memberikan informasi yang berkualitas kepada masyarakat," ujarnya.

Pada kesempatan itu juga H. Indra Gunawan mengucapkan selamat atas hari ulang tahun Radio Swara Lima Luhak yang ke XIX semoga tetap jaya mengudara dan semoga tetap jadi sentral penyebar informasi dan bisa bermitra dengan pengusaha," tambahnya sambil mengakhiri pidatonya.

Dari pantauan awak media pelaksanaan kegiatan acara ini juga di iringi dengan pembacaan puisi dan lagu-lagu daerah serta pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Wakil Bupati yang di Dampingi oleh Forkopimda dan Kepala OPD Rohul sebagai wujud rasa syukur atas Milad Swara Radio Lima Luhak Kabupaten Rohul.

Penulis: Ajo / Eyt
Editor: Feby
Photographer: Ajo

Baca Juga