Pemko Dumai Bersama Masyarakat Kelurahaan Teluk Makmur Dan Mundam Gelar Belo Kampung Atau Beratib Kampung

DUMAI ( sumut24.net ) - Berangkat dari keinginan mengangkat kembali tradisi budaya lokal, Masyarakat Kelurahan Teluk Makmur dan Mundam bersama Pemerintah Kota Dumai menggelar Belo Kampong atau Beratib Kampung.

Wali Kota Dumai, H. Paisal, SKM, MARS membuka secara resmi kegiatan tradisi masyarakat tempatan yang sempat luput selama kurang lebih 31 tahun, bersempenaan dengan peringatan Tahun Baru Islam 1444 Hijriah, Jumat (29/7/2022).

Orang nomor satu dumai ini, menyambut baik apa yang di lakukan oleh warga Teluk Makmur dan Mundam berkolaborasi dengan Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Dumai.

Pasalnya, kegiatan tradisi Beratib Kampong merupakan kegiatan yang harus dilestarikan sebagai bentuk apresiasi kepada para pendahulu, pendiri kampung dan para tokoh masyarakat sekaligus pelestarian budaya di Kota Dumai.

Kegiatan Belo Kampung juga bertujuan untuk mengingatkan kepada generasi muda dan remaja setempat khususnya, serta masyarakat Dumai umumnya, untuk dapat menjaga dan tetap melestarikan tradisi melayu ini, agar tidak hilang oleh perkembangan teknologi saat ini.

"Yang kita lakukan sesuai ungkapan pepatah bijak, Mengangkat Batang Terendam. Sudah menjadi kewajiban kita untuk mengangkat, melestarikan tradisi dan kebudayaan ini, khususnya untuk generasi muda yang kelak mewarisi helat ini di masa mendatang,” ungkapnya.

H. Paisal berharap, tradisi ini terus dilaksanakan tiap tahunnya. Karena selain dapat menjauhkan bala dan musibah di Kota Dumai, Beratib Kampong ini bisa menjadi salah satu ikon wisata Dumai.

“Saya optimis jika dikemas dengan lebih baik, Beratib Kampong ini dapat menjadi daya tarik pariwisata tersendiri bagi Kelurahan Mundam dan Teluk Makmur," tuturnya.

Penulis: Ria
Editor: Feby
Photographer: Ria

Baca Juga